Install Kali Linux Di Hard Disk

Persyaratan Installasi Kali Linux

Menginstall kali linux pada komputer anda adalah proses yang mudah. Pertama, anda memerlukan perangkat keras komputer yang kompatibel. Kali didukung oleh platform i386, amd64 dan ARM ( armel dan armhf ). Persyaratan hardware minimal seperti yang tercantum di bawah ini, meskipun hardware yang lebih baik secara alami akan memberikan kinerja yang lebih baik.

Persyaratan Installasi

  • Minimum space hardisk 10 GB untuk install kali linux
  • Untuk asitektur i386 dan amd64, minimal RAM 512MB
  • Suppord CD-DVD Drive / Usb Boot
Persiapan Installasi
  1. Download kali linux ISO
  2. Burn ISO kali linux ke DVD atau bisa Bootable ke USB/Flashdisk
  3. Pastikan komputer anda sudah diatur untuk boot dari CD/USB di BIOS
Prosedur Installasi Kali Linux

1. Untuk memulai installasi, Boot dengan media installasi yang anda pilih. Anda akan disambut dengan kali linux Boot Menu. Pilih salah satu Graphical atau Text-mode install. Dalam Contoh ini, kita memilih GUI Install 


2. Pilih bahasa pilihan anda, dan kemudian lokasi negara anda. Anda juga akan diminta untuk mengconfigurasi keyboard dengan keymap yang sesuai. 


3. Pilih lokasi Geografis anda 


4. Installer akan mencopy image ke hard disk anda, mengecheck interface jaringan anda, kemudian meminta anda memasukan nama host untuk sistem anda. Dalam contoh dibawah ini, kita sudah Set "Kali" sebagai nama host kita. 


5. Anda dapat memberikan sebuah nama domain default pada system ini untuk digunakan. 


6. Selanjutnya, masukan nama lengkap untuk sebuah user non-root untuk system.


7. Sebuah User ID default akan dibuat, berdasarkan nama lengkap yang telah dibuat. Anda dapat merubahnya jika anda menginginkan.


8. Selanjutnya, set zona wakktu anda.


9. Installer sekarang akan melakukan pengecekan pada disk anda dan menawarkan empat pilihan. Dalam contoh ini, kita menggunakan seluruh disk pada komputer kita dan tidak mengkonfigurasi LVM ( Logical Volume Manager ). Pengguna yang berpengalaman dapat menggunakan metode partisi "Manual" untuk pilihan konfigurasi yang lebih rinci. 


10. Pilih disk untuk di partisi.


11. Tergantung pada kebutuhan anda, anda dapat memilih untuk menyimpan semua file dalam sebuah partisi tunggal secara default - atau untuk mempunyai partisi terpisah untuk satu atau lebih direktori tingkat atas. Jika anda tidak yakin mana yang akan anda pilih, pilihlah "All Files In One Partition" 


12. Selanjutnya, anda mempunyai kesempatan terakhir untuk melakukan review konfigurasi disk anda sebelum installer membuat perubahan yang tidak dapat dikembalikan. Setelah anda klik continue, installer akan melanjutkan prosesnya dan anda hampir selesai melakukan proses instalasi.


13, Konfigurasi mirror jaringan. Kali menggunakan repository terpusat untuk mendistribusikan aplikasi-aplikasi. Anda perlu memasukan informasi proxy yang tepat sesuai yang dibutuhkan.


14. Selanjutnya, install GRUB.


15. Akhirnya, klik Continue untuk Reboot kedalam installasi baru kali anda.

    Setelah Installasi Selesai

    Sekarang anda telah selesai menginstall kali linux, saat nya melakukan kustomisasi system anda.

    1 komentar:

    A very well-developed post with step by step guidance on installing linux times on hard disk
    The way you explained each point with necessary details and maintained good balance between theory and practice is really commendable. i am currently learning Cyber Security but i found this is really important. Thanks so much for sharing


    EmoticonEmoticon